Selasa, 01 November 2011

Menu baru untuk Alifah yang 22 bulan

Sejak Alifah 1 tahun, saya harus lebih kreatif menyusun menu untuk dia. Sejak mulai makan bubur halus, sekitar usia 8 bulan, Alifah enggak mau makan satu menu dalam satu hari. Jadi seringkali saya masak 2 kali sehari hanya untuk dia. Terlebih Alifah suka sekali makanan yang kaya bumbu walaupun rasanya pada saat awal tanpa garam. yang saya ingat Alifah punya favorit adalah makan lele sungai yang biasanya saya pepes dengan bumbu maksimal tanpa gulgar saat dia usia 8bulanan. 

 Beberapa saat yang lalu saya coba kasih Alifah alternatif makanan lainnya. Salah satunya Gindara cheesy steak with mashed potato and tomato sauce. Bahannya jelas saja dari ikan gindara, kentang dan tomat segar serta bumbu dapur lainnya. masakan simple ini kurang disukai Alifah, karena saya salah juga mengolah ikannya dengan tepung bukannya dengan cara "saute". Karena saat kedua kalinya saya saute dia lebih suka.


Gindara cheesy steak with mashed potato and tomato sauce:D

Ini dia jadinya saat waktu ditepung..semua segar tanpa bahan yang diolah sebelumnya, dan tanpa MSG. Makanan ini cocok untuk batita yang sedang senang belajar makan sendiri. Selain ini, Alifah juga suka spaghetti bolognaise. Standar sih, tapi khusus untuk Alifah selalu saya tambahkan wortel dan jagung dalam saus bolognaisenya agar lebih sehat dan lengkap.


Healthy Spaghetti




Jadi menurut saya menyajikan makanan untuk si kecil bisa dibilang menuntut kreatifitas ibunya, kita harus pandai-pandai menyiasati mengolah sayuran dan jenis makanan lain yang si kecil kurang suka. Yang paling mudah sih dalam omelet atau pancake. Keingintahuan si kecil untuk bisa makan sendiri juga harus jadi alasan menyajikan makanan yang dia bisa makan dengan mudah tanpa bantuan dari orang lain. 

Gunakan aja bahan yang sederhana dengan penyajian yang spektakuler:D..agar anak tidak bosan...gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengenali kesenangan dan kebiasaan si kecil untuk urusan makan. Masak dengan cinta akan membuat si kecil makan dengan bahagia. Happy Cooking with Love


Tidak ada komentar:

Posting Komentar