Jumat, 12 November 2010

Ikan Salai Khas Riau

Ceritanya kita mulai dari kenapa namanya ikan salai...

Salai ini kan sebenarnya berarti diasap. Dan ini sih cuma bahasanya aja..kalau orang Sumatera bilangnya salai, kalo di Bandung kan ada Sale (pisang sale).
Dan sebenernya di Manado juga ada yang namanya ikan asap Roa...semuanya sejenis nih, tapi ikannya aja yang beda-beda. Kalau yang Manado punya cenderung ikan laut, sedangkan di Sumatera ikan tawar atau sungai seperti ikan baung, lele, sepat, gabus (ruting) dan selais.

Nah untuk yang di Riau yang paling terkenal dan umum dipakai orang ikan selais. Tapi ya tergantung masaknya juga sih...kalau untuk disambal emang lebih enak selais karena setelah digoreng crunchy gitu, sedangkan kalau digulai enakan pakai ikan baung atau lele...tapi yang paling enak baung deh.
Ikan salai ini yang paling khas karena wanginya, apalagi kalau dimasak gulai..itu enak banget.

Dulu sebelum menikah sama suamiku yang orang Melayu Riau, gak begitu kenal sama ikan salai, taunya ikan asap aja, itupun yang masih banyak dagingnya. Dulu saya pikir ini hanya ada di Riau, tapi sekarang ada di Jakarta. Waktu saya pergi ke pasar Pamulang deket blok AX (belakang Bank Mandiri Pamulang Raya) ada tuh inang-inang yang jualan, dia bilang dia bawa dari Palembang, ikan salai selais. tapi yang kecil-kecil. dan kualitasnya kurang bagus. Jadi waktu digoreng gak terlalu rapuh.

ikannya bentuknya seperti ini

Bentuknya jelek ya, tapi rasanya enak banget, apalagi kalau digulai sama daun singkong...resepnya langsung aku update ya...selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar