Jumat, 12 November 2010

Kehamilan dan Gizi

Saya termasuk lama hamil,dan sangat mengidam-idamkan kehadiran anak. 

Jadi waktu hamil, saya begitu bersemangat cari tahu tentang apa saja yang dibutuhkan seorang ibu sepanjang kehamilannya.
Yang paling ngetop adalah asam folat, untuk mencegah kerusakan jaringan syaraf. Dari begitu tahu hamil, langsung gas pol minum susu hamil...tapi kok enek yah..lebih seneng minum vitamin dari Pak Dokter Khairul Nasir SPOG di RS Syafira Pekanbaru. 
Tapi selain asam folat, banyak lagi gizi yang diperlukan ibu hamil seperti selenium, kalsium, protein dan lain2..(ntar saya update lagi deh infonya, belum baca contekan lagi nih):D
Selain sering baca majalah AyahBunda, Mother&Baby n artikel2 di internet, saya juga sering banget konsul sama ibu-ibu yang udah pengalaman.

Kalau di kampung suami, di Pekanbaru, Duri n sekitarnya, mereka percaya, dengan mengkonsumsi sop yang didominasi oleh tulang sapi itu sangat baik untuk janin, dan bisa membuat si jabang bayi jadi pinter. Jadilah tiap 3 hari sekali, saya masak sop tulang. tapi namanya jg lagi hamil..yaaa enek jg..., akhirnya sopnya cuma saya ambil kuahnya, karena emang ini elemen terpentingnya...kuahnya itu saya cuma campur dengan bawang putih dan daun jeruk..lumayan...lebih banyak masuk.

Asupan lainnya saya serap dari ikan lele dan belut. kalau saya gak salah ingat, keduanya ini proteinnya tinggi. jadi bagus juga untk anak. Hampir tiap hari saya masak pecel lele, belut balado dan pepes lele. Karena sepanjang hamil saya gak banyak makan nasi..kalo makan lele saya bisa abis setengah kilo sendiri..^o^..selalu alasannya demi anak. kalau di Riau sana, lele sungai jauh lebih enak dan gurih, dan pastinya lebih alami ya. Kalau soal si belut, ini bukan favorit saya pada awalnya, tapi karena katanya efeknya bagus, ya saya konsumsi juga, tapi yang udah diasap..jadi tinggal goreng selayang trus campur sambal tomat...beres deh.. 
Dan dengan ide kreatif sendiri, biasanya untuk lele sering banget saya pepes, mulai dari hamil sampai menyusui si kecil. (Nanti resep saya posting yaa..)

Kalau soal selenium saya denger banyak dikandung oleh ikan n cumi-cumi. kalau soal jenis ikannya saya agak lupa..kalau gak salah sih tuna.

Intinya selama hamil, saya makan segala macam jenis makanan yang terbaik untuk janin...dan alhamdulillah si kecil sekarang tumbuh kembangnya sangat baik...walaupun saya belum bisa beri dia asi eksklusif..karena benar kata iklan2...semua harus dimulai sejak dini










Tidak ada komentar:

Posting Komentar